Rabu, 21 April 2010

Contoh RPP Geografi Format Scientific Technological Literacy

BAB 1. PETA DAN PEMETAAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan: SMA Negeri 1 Mutiara, Kab. Pidie
Mata Pelajaran: Geografi
Kelas/Semeste: XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar: 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator :
- Menjelaskan kembali pengertian peta
- Membedakan jenis-jenis peta
- Menunjukkan komponen-komponen peta
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu:
- Mengungkapkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi
- Membandingkan berbagai jenis peta
- Mengidentifikasi komponen dan kelengkapan pada peta
- Menjelaskan pengertian, jenis, dan manfaat proyeksi peta

B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Peta
- Jenis-jenis Peta
- Komponen Peta

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, inquiry, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Eksplorasi: 15 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: guru menyampaikan Silabus Semester 1. Guru memperlihatkan contoh peta
. Guru memotivasi siswa untuk mempelajari materi pemetaan dan menjelaskan penggunaan pengetahuan peta dalam kehidupan sehari-hari.
2. Elaborasi: 95 menit
· Guru menjelaskan pengertian peta dari berbagai ahli secara garis besar dengan menggunakan peta yang ada pada atlas.
· Secara individu, siswa mencermati pengertian peta dari berbagai ahli dan membandingkan berbagai jenis peta.
· Tanya-jawab tentang jenis-jenis peta.
3. Konfirmasi: 25 menit
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Guru memberikan soal post test/pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: guru menayangkan peta dan menanyakan jenis peta yang ditayangkan tersebut.
2. Kegiatan Inti: 70 menit
· Guru ceramah bervariasi mengenai komponen peta.
· Secara individu, siswa mengidentifikasi dan menunjukkan komponen-komponen peta pada peta yang telah disediakan.
· Tanya-jawab tentang proyeksi peta.
· Secara individu, siswa mengerjakan soal uji penguasaan materi.
3. Kegiatan Penutup: 45 menit
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber: K. Wardiyatmoko, Geografi SMA Kelas XII IPS – Erlangga
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe


F. Penilaian
Pertemuan Pertama
- Penilaian untuk post test. Soal post test:
1. Rumuskanlah pengertian peta dari berbagai ahli dengan bahasamu sendiri! (skor 20)
2. Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe! (skor 20)
3. Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif! (skor 20)
4. Apabila kita ingin menggambarkan keadaan persebaran penduduk Indonesia, termasuk jenis peta apakah peta tersebut? (skor 10)
5. Dalam membuat peta, kemampuan apa sajakah yang harus dimiliki oleh pembuat peta? Jelaskan alasanmu! (skor 30)
Skor total = 100

Kunci Jawaban
1. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala.
2. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala. Atlas merupakan kumpulan peta yang dibukukan. Globe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk kecil.
3. Peta kuantitatif menggambarkan lokasi keberadaan suatu objek beserta besar nilai objek tersebut. Peta kualitatif hanya menggambarkan keberadaan suatu objek di lokasi tertentu.
4. Peta tematik berupa Peta Persebaran Penduduk Indonesia.
5. Pembuat peta harus menguasai 50% pengetahuan geografi, 30% seni, 10% matematika, dan 10% ilmu lainnya yang berhubungan dengan isi peta.

Pertemuan Kedua
- Penilaian untuk post test / pertanyaan. Soal post test:
1. Sebutkan komponen-komponen peta! Jelaskan dengan singkat komponen-komponen peta tersebut! (skor 50)
2. Jelaskan perbedaan penggunaan simbol titik, simbol garis, dan simbol luas dalam pemetaan! (skor 40)
3. Suatu peta diperbesar 25% dari ukuran sebenarnya. Apabila pada peta sebenarnya memiliki skala 1 : 100.000, hitunglah skala hasil perubahannya! (skor 20)
4. Pembuatan proyeksi peta dilakukan guna menghindari kesalahan-kesalahan dalam pemetaan. Jelaskan kesalahan yang ingin dihindari dalam pembuatan peta? (skor 30)
5. Proyeksi apakah yang paling cocok digunakan untuk menggambarkan daerah di sekitar ekuator? (skor 10)
Skor total = 150. Nilai = [(150 x 2) / 3]

Kunci Jawaban
1. Komponen-komponen peta antara lain sebagai berikut.
· Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan.
· Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan.
· Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta.
· Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi, terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian).
· Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas.
· Tahun Pembuatan dan Sumber Peta
· Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi.
· Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.
2. Simbol titik digunakan untuk menggambarkan persebaran suatu fenomena atau objek geografi. Simbol garis digunakan untuk menggambarkan batas administratif ataupun garis kontur. Simbol luas digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu data dianggap merata di suatu wilayah tertentu.
3. 25 % x 100.000 = 25.000. Jadi, skala peta yang baru adalah 1 : 25.000
4. Kesalahan-kesalahan yang ingin dihindari dalam pembuatan peta antara lain bahwa bentuk-bentuk di permukaan bumi tidak mengalami perubahan. Begitupun dengan luas dan jarak suatu tempat di permukaan bumi tidak mengalami penyimpangan setelah dihitung menggunakan skala peta.
5. Proyeksi Silinder.


Mengetahui, Bandar Mutiara, 14 Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Geografi



Drs. M. Jamil, TA, M. Pd. Musliadi Umar, S. Pd.
NIP. 195705051982031012 NIP.197901182009041002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar